Data dan fakta unik serta fenomena menakjubkan termasuk artikel online populer ada disini

Ketika Tubuh Sering Lemas dan Gampang Lesu?

Ketika sedang lelah dan badan mulai lemas, tapi pekerjaan di kantor masih numpuk atau jam kuliah belum berakhir, Kawan Muda mungkin mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula atau kafein untuk membuat mata tetap melek. Misalnya saja minum kopi, soda, permen atau nyemil sesuatu yang manis-manis.


Makanan yang mengandung gula dan kafein memang bisa menyuntikkan energi sehingga membuat perasaan membaik dan badan kembali segar. Sayang, efeknya hanya sesaat dan kamu akan terus-menerus mengonsumsi sesuatu yang manis untuk meningkatkan semangat lagi.

Nah, mengonsumsi gula dan kafein dalam jumlah berlebihan akan menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan. Karena itulah, ketika badan mulai lemas dan mengantuk, ada baiknya Kawan Muda mengonsumsi makanan alami dan sehat yang bisa menambah energi.

Dilansir dari Bisnis.com, berikut ini daftar beberapa makanan alami penambah energi yang bisa kamu konsumsi saat sedang lesu.

1. Pisang

Daripada nyemil yang mengandung banyak gula artifisial atau micin, Kawan Muda ngemil pisang saja. Buah pisang merupakan perpaduan sempurna karbohidrat kompleks, gula alami, asam amino, vitamin, dan antioksidan. Mengonsumsi pisang membantu menghasilkan nor-epinefrin yang membantu meningkatkan kewaspadaan sehingga membuatmu melek terus 

2. Kacang-kacangan

Kalau bosan ngemil pisang terus, Kawan Muda bisa menggantinya dengan kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang hijau, buncis dan ragam kacang yang lain. Kacang-kacangan adalah sumber protein, lemak sehat, serat dan mineral yang baik seperti magnesium, dan folat (asam folat). Nah, nutrisi tersebut dibutuhkan tubuh untuk memproduksi energi instan dan sel. Eits, tapi ingat, ya, bukan kacang kemasan yang banyak micinnya, lho!

3. Telur

Makanan selanjutnya adalah telur. Telur yang diproses dalam bentuk apapun, entah itu direbus, digoreng atau dicincang akan memberikan energi yang bertahan sepanjang hari. Yup, telur memang tinggi akan kandungan protein dan zat besi. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks dan vitamin D pada telur mampu memberikan pasokan energi sepanjang hari. Wah, boleh nih dicoba ngemil telur mulai dari sekarang.

4. Alpukat

Karena kaya akan kandungan vitamin B, C, K, mineral dan asam lemak monosaturated, alpukat dijuluki sebagai makanan super. Nah, kandungan serat yang tinggi dalam alpukat membuat kita lebih kenyang dalam waktu yang lama. Tubuh kita pun jadi lebih berenergi dan enggak gampang lemas. So, kalau kamu mulai lemas di siang atau sore hari, coba deh makan buah alpukat biar balik semangat lagi….

5. Dark Chocolate

Kalau lagi lemas dan enggak mood, makan coklat adalah solusi terbaik. Dark chocolate mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, dark chocolate juga mengandung theobromine dan triptofan yang menenangkan pikiran, membantu menjaga tubuh tetap waspada, dan meningkatkan metabolisme. Kalau kamu berniat nyemil dark chocolate nih, pastikan produk tersebut bebas susu dan organik, ya.

6.Sayuran hijau berdaun

Sayuran hijau adalah sumber energi terbaik yang mampu membuatmu “on” terus seharian. Kalau bosan mengonsumsi sayuran yang begitu aja (ditumis atau direbus seperti sayuran pada umumnya), kamu bisa membuat green smoothies atau jus sayuran. Misalnya nih, smoothies bayam atau kale yang dicampur dengan pisang atau yoghurt untuk menambah rasa.

Nah, sudah tahu kan makanan alami yang membuatmu berenergi dan enggak gampang lemas? Mulai sekarang kalau lagi lemas, yuk ganti cemilan enggak sehatmu dengan 6 makanan di atas 


No comments :

Post a Comment